Jenis – Jenis Kain Kerudung

1. Satin

Satin merupakan kain yang memiliki ciri khas dengan teksture yang mengkilap dan permukaannya licin tetapi bagian dalam bahan satin tidak mengkilap dan tidak licin. Bahan satin biasanya dibuat untuk jilbab segi empat dan pashmina. Hijab dengan bahan satin ini cocok digunakan untuk acara resmi karena menimbulkan kesan elegan dan mewah bagi pemakainya karena satin dapat menangkap dan memantulkan cahaya dari sudut yang berbeda.

2. Voal/Voile

Voile memiliki texture halus dan lembut. Hijab dengan bahan voile ini sangat nyaman digunakan karena halus dan lembut serta cocok digunakan saat siang hari. Hal ini dikarenakan kain voile ringan dan menyerap keringat dengan baik. Bahan voile sendiri terbuat dari kapas tapi ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra maupun polyester.

3. Katun

Hijab dengan bahan katun ini tergolong halus dan nyaman dipakai sehari-hari. Namun, hijab dengan bahan katun sulit dikreasikan karena sifatnya agak kaku dan tebal. Bahan katun ini juga dapat menyerap keringat, halus, nyaman dan dingin sehingga cocok dipakai sehari-hari bahkan saat siang hari. Meskipun bahannya halus, perawatannya tidak terlalu sulit karena tidak mudah kusut, berbulu dan luntur.

Kamu bisa menggunakan hijab katun ini di berbagai kesempatan baik acara santai, kantor ataupun ke pesta

4. Kaos

Bahan dasar hijab kaos ini yaitu katun atau serat kapas alam. Testurnya jatuh, dingin, mudah menyerap keringat dan elastis sehingga nyaman dipakai. Biasanya hijab syar’i menggunakan bahan kaos. Akan tetapi, hijab berbahan kaos juga memiliki kekurangan, yaitu mudah melar. Oleh karena itu, jangan mengucek secara berlebihan. Kaos juga merupakan salah satu bahan hijab yang nyaman digunakan sehari-hari meskipun saat cuaca panas.

5. Spandex

Bahan spandex hampir sama dengan kaos, akan tetapi bahan spandex lebih tipis dan ada yang bercorak mengkilap. Spandex merupakan bahan kain yang terbuat dari unsur non alami. Teksturnya halus, lentur, lembut dan nyaman digunakan sehingga harganya juga relatif mahal. Kelebihan dari hijab berbahan spandek adalah kemampuan menyerap keringat sangat baik sehingga tetap nyaman untuk digunakan saat cuaca panas dan nyaman digunakan untuk kamu yang banyak beraktivitas. Hijab berbahan spandex juga lebih mudah dibentuk dan dikreasikan sesuai dengan keinginan karena elastis. Kekurangannya adalah bahan ini mudah melar jika dicuci dengan cara yang tidak benar.

6. Sifon/Chiffon

Sifon merupakan bahan yang paling sering digunakan sebagai hijab ini terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis. Meskipun sifon ini tipis, licin dan panas ketika digunakan untuk bahan kerudung jika tidak dikombinasikan dengan bahan lain, Kain sifon memiliki texture yang ringan, lembut, dan luwes mengikuti gerak tubuh.

Sifon dapat memberi kesan elegan bagi pemakainya sehingga sangat cocok dipakai pada acara formal. Bahkan banyak juga yang menggunakan untuk kesehariannya karena sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai macam gaya, baik untuk sifon bermotif maupun polos. Akan tetapi, karena sifatnya tidak menyerap keringat, bahan ini tidak cocok untuk digunakan saat cuaca panas .

Jenis – Jenis Kain Kerudung
Kembali ke Atas
08179907905
1
Hi #sahabatsegelung ada yang bisa kami bantu ?
Powered by